Kamis, 29 April 2010

Tulisan Portofolio Bahasa Indonesia 2

ORANGTUA BERARTI LUARBIASA BAGIKU

Setiap anak yang dilahirkan di dunia pasti memiliki sosok kedua orangtua yaitu ayah dan ibu. Bagi yang beruntung akan dibesarkan oleh orangtua yang lengkap yaitu didampingi oleh ayah dan ibu hingga dewasa bahkan hingga menikah. Namun bagi yang kurang beruntung, hanya dibesarkan oleh orangtua yang tidak lengkap, mungkin didampingi oleh ibu saja atau ayah saja. Tapi menurut saya kasihsayang yang diberikan oleh orangtua yang tidak lengkap pasti besarnya sama dan setulus kasihsayang dari kedua orangtua yang lengkap. Bahkan orangtua yang mampu membesarkan anaknya seorang diri merupakan sosok orangtua yang hebat dan sangat luarbiasa.
Bercermin dari kondisi di atas, saya termasuk kategori orang yang beruntung karena hingga saat ini masih didampingi oleh keluarga yang lengkap yaitu didampingi ayah dan ibu. Saya juga memiliki dua orang adik yaitu perempuan dan laki-laki. Hari-hari yang saya lalui terasa begitu menyenangkan bersama mereka semua karena saya merasa tidak kekurangan sesuatu apapun dan saya berterimakasih kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya tersebut.
Kedua orangtua saya pada dasarnya merupakan sosok yang sangat hebat dan luarbiasa. Ayah saya merupakan sosok yang rela berkorban, tegas, pekerja keras, gigih dan selalu mengusahakan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ayah saya rela berkorban demi kepentingan apapun, tidak peduli risiko besar yang akan dihadapi. Ayah saya tegas dalam mendidik anak-anaknya terlebih lagi terhadap anak-anaknya yang perempuan. Beliau selalu mengingatkan untuk menjaga sikap, kehormatan serta nama baik keluarga ketika berada di luar lingkungan rumah. Ayah saya sosok pekerja keras yang bekerja tanpa mengenal waktu, berangkat kerja selalu pagi-pagi sekali kemudian pulang kembali ke rumah sore hari atau bahkan malam hari, tetapi Beliau tidak pernah mengeluh karena melakukannya secara tulus demi keluarga tercinta. Ayah saya bersikap gigih dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam lingkungan keluarga. Beliau selalu tidak pernah putus asa dan pantang menyerah dalam mencari solusi-solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut dengan baik. Ayah juga selalu mengusahakan yang terbaik untuk anak-anaknya dalam segi apapun terutama di bidang pendidikan. Anak-anaknya akan diberikan pendidikan yang layak hingga mencapai jenjang yang tinggi tidak peduli banyaknya materi yang dikeluarkan. Beliau hanya memiliki tekad dan tujuan agar anak-anaknya kelak berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Sosok ayah bagi saya merupakan sosok yang kuat dan hebat, bila diibaratkan ayah merupakan nahkoda kapal dan kami keluarganya merupakan awak dalam kapal tersebut, yang artinya apabila nahkoda kapal dapat mengarahkan kapalnya ke arah yang benar maka awak kapalpun akan terbawa kepada arah yang benar sehingga tujuan hidup bahagia akan tercapai.
Tidak hanya ayah saja yang begitu hebat peranannya dalam kehidupan saya dan keluarga. Ibu juga memiliki peranan yang tak kalah pentingya dengan peranan seorang ayah. Ibu saya merupakan sosok yang sabar dan bijaksana dalam hal apapun. Ibu juga merupakan sosok yang begitu bermakna dan berharga dalam kehidupan keluarga. Seperti yang kita ketahui ibu merupakan sosok yang melahirkan seluruh anak-anak di dunia ini. Selama sembilan bulan, Beliau tulus dengan ikhlas mengandung tanpa mengeluh sedikitpun hingga pada saat waktunya tiba untuk melahirkan, Beliau juga rela mengorbankan jiwa dan raganya agar anak yang dilahirkannya berada dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Tugas seorang ibu tidak berhenti sampai disitu saja, setelah selesai melahirkan anaknya maka ibu memliki tugas untuk merawat, menjaga dan membesarkan anak tersebut hingga dewasa. Ketika anak tersebut telah mencapai usia dewasa, ibu tetap memliki peranan penting untuk anaknya tersebut seperti memberikan motivasi dan arahan untuk anaknya memilih pasangan hidup. Jika anak tersebut telah memiliki pasangan hidup kemudian memiliki keturunan, ibu tetap saja memiliki peranan penting untuk anaknya yaitu secara sukarela ibu pasti akan membimbing anaknya dalam hal merawat dan menjaga cucunya tersebut hingga dewasa. Tidak dapat dibayangkan memang tugas seorang ibu dalam kehidupan keluarganya berjalan sepanjang masa tanpa mengenal ruang dan waktu hingga akhir hayat hidupnya. Tidak salah apabila banyak hal-hal yang mengangkat derajat seorang ibu, seperti halnya di dunia telah diakui adanya Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember dan ada pepatah yang menyebutkan “Surga itu di bawah telapak kaki Ibu.”
Kedua orangtua baik ayah maupun ibu, keduanya merupakan sosok yang sangat berarti luarbiasa dalam kehidupan saya karena tanpa keberadaan mereka di samping saya, belum tentu saya dapat tumbuh dan hidup menjadi sosok manusia seperti saat ini yang begitu semangat untuk meraih cita-cita yang saya inginkan. Cita-cita tersebut memang saya tujukan semata-mata hanya untuk memberikan kebahagiaan kepada kedua orangtua saya serta berusaha membalas jasa-jasa mereka selama ini walaupun mereka selalu mengatakan tidak mengharapkan balasan apapun dari anak-anaknya dan saya menyadari pula bahwa jasa-jasa mereka tidak dapat dibalas oleh sesuatu apapun, tetapi setidaknya memberikan rasa kebanggaan kepada kedua orangtua dengan menjadi anak yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara merupakan kewajiban seutuhnya dari seorang anak kepada kedua orangtua.

Annisa Putri R.
10107214
3 KA 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Powered By Blogger