Sabtu, 20 Februari 2010

Tulisan Portofolio Bahasa Indonesia 2

TEKNOLOGI DAPAT MENJADI TEMAN ATAU LAWAN

Peradaban manusia semakin tua semakin banyak mengalami perubahan di berbagai sektor. Peradaban manusia zaman kuno sungguh berbeda dengan zaman modern seperti sekarang ini. Jika zaman kuno semua serba terbatas dari segi apapun, zaman modern tidak terbatas oleh apapun. Sebagai contoh ringan dimulai dari kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari pada zaman kuno hanya mengandalkan sistem tukar menukar barang dengan barang (biasa disebut barter) sedangkan di zaman modern sekarang ini telah mengenal adanya uang sebagai alat untuk melakukan transaksi apa saja.
Selain di sektor perekonomian tersebut, perbedaan yang signifikan juga terlihat pada sektor penyebaran informasi. Jika zaman dahulu sangat sulit sekali untuk memperoleh informasi karena terbatasnya alat-alat informasi dan komunikasi, maka di jaman sekarang telah berkembang pesat alat-alat informasi dan komunikasi. Berkembangnya alat-alat informasi dan komunikasi tersebut berasal dari dorongan-dorongan perubahan zaman yang dikenal dengan globalisasi.
Globalisasi tidak selamanya mendatangkan efek positif bagi kehidupan manusia. Derasnya informasi dari waktu ke waktu tidak ada yang dapat membendungnya sehingga tidak heran bahwa globalisasi dapat mendatangkan efek negatif bagi kehidupan manusia. Penyebaran informasi yang dulu hanya terbatas pada ruang dan waktu, sekarang ini telah berhasil ditembus oleh globalisasi tersebut. Penyebaran informasi sekarang ini tidak mengenal ruang dan waktu sebagai penghalang. Teknologi internet adalah bentuk globalisasi dalam sektor penyebaran informasi yang tidak mengenal ruang dan waktu sebagai penghalang tersebut.
Internet dapat memberikan informasi apapun yang kita inginkan. Bahkan internet dapat menjadi jendela bagi kita untuk mengetahui cakrawala dunia. Internet memiliki kekuatan yang cukup dahsyat sehingga tak heran sekarang ini banyak sebagian orang-orang di berbagai belahan dunia menggantungkan hidup mereka pada internet. Maraknya informasi apapun baik yang telah terjadi maupun yang belum terjadi selalu ada di internet. Internet selalu memberikan informasi yang aktual sepanjang waktu sehingga orang-orang dapat dengan mudahnya menggantungkan kehidupan mereka.
Internet memang tidak terbatas ruang dan waktu. Bahkan internet juga tidak mengenal batasan usia penggunanya, dimulai dari anak-anak hingga orangtua. Kegiatan yang dilakukan lewat internet sekarang ini tidak hanya kepentingan untuk mencari informasi mengenai pengetahuan-pengetahuan saja. Belum lama ini telah banyak situs-situs yang menawarkan fasilitas pertemanan lewat dunia internet.
Situs-situs pertemanan tersebut memiliki peminat yang terus menerus berkembang pesat. Bahkan di kalangan remaja bisa dibilang “ketinggalan jaman” apabila tidak terdaftar dalam situs-situs pertemanan tersebut. Tidak dapat dipungkiri memang situs-situs pertemanan dapat mempermudah untuk mempertemukan seseorang dengan teman-temannya yang sudah lama tidak pernah bertemu bahkan dapat berkenalan dengan teman-teman baru. Tapi apabila seseorang tidak dapat menggunakan situs-situs pertemanan dengan bijak maka bukan berarti tidak mungkin mendatangkan efek yang buruk bagi penggunanya bahkan mendatangkan bahaya dalam kehidupan. Seperti kejadian yang marak belakangan ini terjadi di kalangan anaka-anak remaja perempuan yang pergi dari rumah hanya karena ingin bertemu dengan teman laki-laki yang dikenalnya lewat internet. Kejadian-kejadian tersebut sangat meresahkan berbagai kalangan, terutama orangtuanya sendiri. Orangtua yang memiliki anak remaja di jaman sekarang memang tidak cukup hanya memberikan modal kepercayaan pada setiap anak tersebut, mereka perlu juga memberikan perhatian dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak-anaknya baik di dalam maupun luar rumah. Anak-anak dan remaja juga perlu dibekali pengetahuan-pengetahuan yang cukup mengenai dampak-dampak yang baik dan buruk dari teknologi internet agar mereka senantiasa membentengi diri untuk menghindari hal-hal yang dapat mendatangkan pengaruh buruk dalam kehidupan mereka. Teknologi memang tidak dapat membedakan antara teman atau lawan, bergantung pada masing-masing individu penggunanya untuk memilih teknologi berdampak baik dalam kehidupannya yaitu sebagai teman atau teknologi berdampak buruk dalam kehidupannya yaitu sebagai lawan. Oleh karena itu, kita sebagai individu yang baik hendaknya dapat menggunakan teknologi internet dengan bijak dan mengarah pada hal-hal yang bermanfaat.

Annisa Putri R.
10107214
3 KA 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Powered By Blogger