Sabtu, 20 Februari 2010

Tulisan Portofolio Bahasa Indonesia 2

SELAMATKAN BUMI SEJAK DINI !

Bumi merupakan tempat berlangsungnya kehidupan umat manusia. Sejak manusia dilahirkan, bumi menjadi sahabat bagi semua umat manusia. Bumi selalu melakukan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia. Bumi rela menyajikan berbagai kelimpahan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Terlebih lagi kekayaan alam di bumi Indonesia ini begitu melimpah seakan-akan tiada pernah ada habisnya. Mulai dari kekayaan sumberdaya alam yang alami maupun buatan semuanya tersedia dengan berlimpah. Tidak hanya warga negara Indonesia saja yang mengakui keberlimpahan tersebut, berbagai warga negara di dunia juga telah mengakui kekayaan alam Indonesia.
Indonesia terkenal sebagai negara beriklim tropis yang memiliki hutan-hutan lebat. Berbagai jenis tanaman dapat dengan mudahnya tumbuh subur di tanah Indonesia. Oleh karenanya sebagian besar penduduk Indonesia memiliki pekerjaan sebagai petani. Selain terkenal dengan daratannya yang subur, Indonesia juga terkenal dengan perairan yang sangat luas. Kekayaan hasil laut Indonesia juga tak kalah berlimpahnya dengan kekayaan dari sektor pertanian, bahkan hasil laut Indonesia dapat menambah penghasilan devisa negara.
Kenyataan tidak dapat dipungkiri. Kondisi bumi dari waktu ke waktu semakin bertambah tua usianya. Bumi tiada seindah dulu lagi. Banyak terjadi kerusakan dimana-mana. Semuanya terjadi akibat proses alamiah maupun akibat ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggungjawab. Manusia yang tidak bertanggungjawab tersebut lebih pantas dikatakan sebagai pengecut karena berani berbuat tetapi tidak berani untuk diminta pertanggungjawaban atas perbuatannya. Mereka tidak ingat akan jasa-jasa baik yang telah diberikan oleh bumi untuk keberlangsungan hidup mereka. Mungkin jika bumi tidak memberikan berbagai kebaikannya maka umat manusia tidak dapat bertahan hidup bahkan akan terjadi kemusnahan umat manusia.
Bumi juga memiliki batas-batas kekuatan seperti halnya manusia. Bumi tidak akan dapat terus-menerus bertahan terhadap perlakuan manusia perusak yang tidak bertanggungjawab. Kejadian-kejadian fenomena alam yang sering terjadi merupakan upaya balas dendam bumi terhadap kelakuan umat manusia. Fenomena-fenomena alam seperti gunung berapi, banjir bandang, badai, tsunami, gempa bumi dan sebagainya telah terbukti terjadi pada masa-masa sekarang. Fenomena-fenomena tersebut menjadi bencana bagi kehidupan umat manusia, tetapi ironisnya sebagian besar manusia tidak menyadari bahwa semua bencana yang terjadi adalah akibat ulah mereka sendiri.
Kondisi bumi yang semakin menurun itulah yang menjadi motivasi bagi berbagai penjuru dunia untuk lebih memberikan perhatian khusus terhadap bumi. Berbagai gerakan begitu gencarnya dilakukan oleh berbagai dunia untuk upaya penyelamatan bumi ini. Gerakan-gerakan yang sekarang telah digalakkan adalah gerakan stop global warming (gerakan menghentikan pemanasan global) dan gerakan one man one tree (di Indonesia dikenal dengan nama gerakan menanam seribu pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal).
Gerakan-gerakan penyelamatan bumi tersebut tidak dapat berlangsung efektif apabila tidak tumbuh kesadaran dari dalam diri masing-masing individu. Seperti halnya di Indonesia, tidak cukup hanya pihak pemerintah saja yang gencar untuk mengadakan gerakan-gerakan penyelamatan bumi tetapi perlu juga untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan intensif sejak dini kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif memelihara kondisi bumi ini.
Sebenarnya penyelamatan terhadap bumi tidak hanya dapat dilakukan melalui gerakan-gerakan yang tengah gencar diadakan oleh berbagai penjuru dunia saja. Penyelamatan dapat dimulai dari kegiatan-kegiatan yang ringan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak melakukan penebangan pohon secara sembarangan, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, menggunakan sumberdaya alam secara bijak dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut hendaknya dilakukan secara terus-menerus berkesinambungan agar bumi dapat terjaga keberadaanya hingga generasi-generasi manusia yang akan datang juga dapat menikmati keindahan bumi ini.

Annisa Putri R.
10107214
3 KA 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Powered By Blogger